Tuesday, October 21, 2014

Faktor-faktor Perkembangan anak menurut prespektif Islam

Psikologi perkembangan

Pagi ini Jum'at 17 Oktober 2014 dalam materi Perkembangan peserta didik saya mendapatkan sebuah persoalan baru tentang faktor-faktor yang mempengaruhi perkembangan anak. Apakah kecerdasan seseorang itu disebabkan faktor-faktor yang berasal dari
dalam diri anak tersebut, ataukah faktor-faktor yang berasal dari luar diri anak tersebut seperti lingkungan dan yang lainya.


Dan menurut Arnold Lucius Gesell beliau mengatakan bahwa "pengaruh terpenting bagi pertumbuhan dan perkembangan organisme manusia adalah faktor biologi, dan Tingkat perkembangan anak berjalan melalui urutan yang ditentukan secara individual oleh genotip anak itu sendiri (yakni, latar belakang keturunan anak yang diterima dari nenek moyangnya)."

Didalam Al-Quran juga terdapat pembahasanya yang terdapat pada surat Az-Zukhruf ayat 32 :
A032 







Yang artinya :

(Mengapa pemberian Kami itu mereka ingkarkan?) Adakah mereka berkuasa membahagi-bahagikan (perkara-perkara keruhanian dan keagamaan yang menjadi sebesar-besar) rahmat Tuhanmu (wahai Muhammad, seolah-olah Kami hanya berkuasa dalam perkara kebendaan dan keduniaan sahaja? Mereka tidak ingkarkan): Kami membahagi-bahagikan antara mereka segala keperluan hidup mereka dalam kehidupan dunia ini, (setengahnya Kami jadikan kaya raya dan setengahnya miskin menderita); dan juga Kami telah menjadikan darjat setengah mereka tertinggi dari darjat setengahnya yang lain; (semuanya itu) supaya sebahagian dari mereka senang mendapat kemudahan menjalankan kehidupannya dari (bantuan) setengahnya yang lain. Dan lagi rahmat Tuhanmu (yang meliputi kebahagiaan dunia dan akhirat) adalah lebih baik dari kebendaan dan keduniaan semata-mata yang mereka kumpulkan.

Arnold Gesell berpendapat juga bahwa "Faktor-faktor lingkungan ikut mendukung, membelokkan, dan meng-khususkan; tetapi faktor-faktor lingkungan tidak menjadi penyebab munculnya bentuk-bentuk pokok dan tata urutan ontogenesis. Sebagai konsekuensinya, pembelajaran (learning) hanya bisa terjadi ketika struktur-struktur telah berkembang sehingga memungkinkan terjadi adaptasi perilaku, dan sebelum struktur-struktur itu berkembang maka pendidikan semacam apa pun tidak akan bisa efektif

Jika kita merujuk pada kisah Rasululloh SAW, dilihat dari silsilahnya beliau merupakan keturunan orang-orang yang soleh dan berkontribusi besar baik bagi kelompoknya, budayanya, maupun bangsanya. Dan beliau juga berada dilingkungan yang secara budaya tidak kondusif, dan terbilang "Jahiliyah", hal ini membuktikan bahwa lingkungan tidak terlalu berperan dalam perkembangan seseorang. . 







Dan Alloh kembali menjelaskan dalam firmanya dalam surat Al-Imran ayat 6:


3:6
Yang artinya :
Dia yang membentuk kamu dalam Rahim sebagaimana dikehendaki-Nya. Tak Tuhan melainkan Dia, Yang Maha Perkasa lagi Maha Bijaksana.

Ternyata jauh sebelum Arnold Gesell membahas mengenai faktor-faktor yang mempengaruhi perkembangan anak, hal tersebut sudah dibahas didalam Al-Quran yang diturunkan kepada nabi Muhammad SAW, melalui malaikuat Jibril.

Apakah pada masa itu sudah ada Ilmu Psikologi, sudah ada sekolah, atau apakah masyarakatnya sudah perduli terhadap perkembangan anak. Lalu bagaimana bisa pembahasan tersebut tersurat didalam al-Quran, kecuali al-Quran diciptakan oleh Zat yang maha tau segalanya. Alloh SWT.

No comments:

Post a Comment