Wednesday, November 5, 2014

Perbandingan di dalam Al-Quran

Hari ini selasa tanggal 04 November 2014 saya mendapatkan materi perbandingan yang disampaikan oleh Ustdz Zain. Dan perbandingan digunakan untuk membandingkan antara 2 hal yang berbeda.
Disini saya jadi teringat tentang video yang saya tonton beberapa hari yang lalu mengenani perbandingan di dalam Al-Quran.

Di dalam Al-Quran terdapat ayat yang menjelaskan tentang perbandingan, diantaranya surat Al-Hajj ayat 47 :

Yang artinya :
 


"Dan sesungguhnya satu hari (menurut perhitungan) Tuhanmu adalah seperti 1000 tahun menurut perkiraanmu."

Didalam ayat ini dijelaskan bahwa satu hari diakhirat itu sama dengan 1000 tahun yang kita jalani di dunia, padahal kita semua tahu untuk umat nabi Muhammad SAW tidak ada yang hidup lebih dari 200 tahun atau kurang dari 1/5 hari di akhirat.
Jika 1 hari didunia itu setara dengan 24 jam maka jika kita analogikan 1 hari diakhirat dengan 1 hari didunia maka kita hidup kurang dari 5 jam saja, sangatlah singkat dan sebentar.

Seperti firman Alloh SWT didalam Al-Quran Surat Al-Mu'minun ayat 112-114 :

23:112


Artinya :

"Allah bertanya: Berapa tahunkah lamanya kamu tinggal di bumi ?".


Artinya :

"Mereka menjawab: Kami tinggal di bumi sehari atau setengah hari, maka tanyakanlah kepada orang-orang yang menghitung".
Artinya :


“Allah berfirman: Kamu tidak tinggal di bumi melainkan sebentar saja, kalau kamu sesungguhnya mengetahui”. 

Jika kita sudah mengetahui bahwa kita singgah didunia hanya sebentar saja, masihkan kita gunakan untuk melakukan hal yang sia-sia dan tidak bermanfaat, apakah kita sudah mempersiapkan bekal kita untuk kehiduan yang abadi setelah kita meninggalkan dunia yang fana ini. Dan masihkan kita berorientasi untuk kesenangan dunia?.

يَسْتَعْجِلُونَكَ بِالْعَذَابِ وَلَنْ يُخْلِفَ اللَّهُ وَعْدَهُ وَإِنَّ يَوْمًا عِنْدَ رَبِّكَ كَأَلْفِ سَنَةٍ مِمَّا تَعُدُّونَ (٤٧) - See more at: http://www.tafsir.web.id/2013/03/tafsir-al-hajj-ayat-42-57.html#sthash.fenHy2QF.dpuf

No comments:

Post a Comment