Thursday, January 1, 2015

Jilbab VS Kerudung




Islam adalah agama yang sangat menghormati dan menghargai kaum hawa (wanita), diantaranya adalah dengan mengankat derajat wanita yang telah menjadi ibu 3x lipat diatas derajat ayah (laki-laki). Dan salah satu perintah Allah SWT yang bertujuan untuk menjaga kehormatan wanita adalah dengan diperintahkannya wanita untuk berjilbab seperti dalam firman Allah SWT dalam surat Al-Ahzab (33) ayat 59 :

Hai Nabi, katakanlah kepada isteri-isterimu, anak-anak perempuanmu dan isteri-isteri orang mukmin: "Hendaklah mereka mengulurkan jilbabnya ke seluruh tubuh mereka". Yang demikian itu supaya mereka lebih mudah untuk dikenal, karena itu mereka tidak di ganggu. Dan Allah adalah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang. 


Karena dalam sebuah survei yang dilakukan “AreWeFamousNow” di kota New York. Seorang wanita yang sama berjalan-jalan di kota New York selama 10 jam, dimana 5 jam pertama dia tidak menggunakan jilbab, dan 5 jam selanjutnya dia menggunakan jilbab. Dari hasil survei tersebut didapat sebuah fakta bahwa saat 5 jam pertama wanita tersebut berkeliling kota New York dia mendapat gangguan dari para lelaki yang melintas di sekitarnya. Sementara 5 jam berikutnya saat dia menggunakan kerudung dia dapat berjalan keliling kota New York dengan aman tanpa ada gangguan.



Dari survei tersebut kita dapat mengambil kesimpulan bahwa wanita akan dihormati ketika mereka menghormati diri mereka sendiri dengan menutup auratnya. Dan semua itu bukan sepenuhnya salah lelaki yang menggoda, namun juga karena para wanita yang memberikan kesempatan untuk digoda. Oleh karena itulah Allah SWT mewajibkan kaum muslimah untuk mengenakan hijab sebagai tanda kasih sayang Allah SWT yang memuliakan kaum wanita.

Menurut Imam Qurthubi dalam tafsirnya mengatakan “Jilbab berarti kain yang lebih besar ukurannya dari khimar (kerudung), sedang yang benar menurutnya jilbab adalah kain yang menutup semua badan.” Jadi dapat disimpulkan bahwa kerudung berbeda dengan Jilbab, jika kita merujuk ke definisi Imam Qurthubi itu berarti para umat muslim masih banyak yang belum melaksanakan perintah Allah SWT (Berjilbab).

Allah SWT pasti memerintahkan sesuatu yang bermanfaat bagi kita, dan melarang sesuatu yang akan menjadi mandatangkan mudhorot bagi kita semua. Oleh karena itu hendaknya kaum muslimah diminta lebih bijak dalam melaksanakan syariat islam. Bukan hanya mengikuti mode dan trand center yang sedang “Ngetrend”  di masyarakat. Karena sesungguhnya derajat kita itu bukan dari pandangan orang terhadapt kita, melainkan tingkat keimanan kita kepada Allah SWT.

Semoga bermanfaat dan kita semua saling mengingatkan antar sesama muslim dan semoga menjadi Multi Level Mu;amalah bagi kita semua. Amiiinn... (^_^) #Adjo

No comments:

Post a Comment